RSS Feed

Senin, 13 Desember 2010

Sabtu 07 November 2009, Himpunan Penggiat dan Pecinta Alam Cakrawala STT - PLN Jakarta mengadakan praktek materi JALPAL, IMP dan Tali Temali di Hutan Kota Srengseng. Kegiatan ini diadakan oleh Divisi Pendidikan dan Latihan HPPA Cakrawala yang ditujukan untuk calon anggota Cakrawala periode 2009/2010.

Peserta Mencatat Barang Bawaan
Dimulai dengan praktek JALPAL atau Perencanaan Perjalanan dan Perbekalan, sesuai dengan nama materinya tujuan diadakannya praktek materi ini adalah agar para peserta terbiasa dalam perencanaan kegiatan baik dalam hal akses perjalanan maupun perbekalannya. Adapun praktek yang dilakukan diantaranya adalah peserta mempraktekkan cara untuk mempacking barang - barang bawaan mereka. Bagaimana cara penempatan barang - barang dalam tas agar. Hal ini dimaksudkan agar tas yang dibawa terasa lebih nyaman walaupun barang bawaan banyak. Selain itu peserta juga dibiasakan untuk mencek ulang dan mencatat barang - barang yang terdapat didalam tas mereka. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan mereka dalam mencari barang - barang yang dibutuhkan. Hal lain yang dipraktekkan adalah bagaimana cara untuk merencanakan suatu perjalanan, dengan menggunakan rumus 5W + 1H serta rumus perjalanan ( safety procedure/ ( quality control + access ) ) x time. Dimana setiap perjalanan, apapun itu jenis kegiatannya harus mengutamakan safety procedure ( baik fisik, mental, peralatan, transportasi dll ) yang dapat menghindarkan kita dari bahaya yang bersifat subjektif.
 Peserta sedang packing barang
Selain mempraktekkan JALPAL, peserta juga mempraktekkan ilmu penaksiran atau IMP ( Iklim, Medan dan Penaksiran ) dimana praktek ini bertujuan untuk melatih peserta dalam menaksirkan sesuatu baik dalam suatu perjalanan maupun sebelum perjalanan. Hal tersebut juga sangat bermanfaat, khususnya untuk dapat mempersiapkan diri dalam suatu perjalanan ( berhubungan dengan materi JALPAL ), sehingga dapat terhindar dari bahaya subjektif ( bahaya yang ditimbulkan oleh diri sendiri ). Dalam praktek kali ini, peserta diminta untuk menaksirkan tinggi pohon, menaksirkan lebar sungai maupun mengukur kecepatan angin dengan berbagai metode yang telah diberikan pada materi kelas.

Dan yang terakhir adalah praktek Tali Temali, tujuan adanya praktek ini adalah melatih para peserta untuk menggunakan 15 simpul dasar sesuai dengan kegunaannya. Pada praktek Tali Temali ini, peserta

dibagi menjadi 3 kelompok, dimana masing - masing kelompok diberikan persaingan ( adu kecepatan dan ketangkasan ) dalam membuat berbagai simpul. Pada praktek Tali Temali ini, peseta lebih ditekankan untuk memanfaatkan simpul - simpul tersebut dalam kegiatan mountaineering, diantaranya FIGURE OF EIGHT untuk pengganti DESCENDER, atau simpul PRUSIK KING untuk RAPPELING dan Peserta Sedang Melakukan RappelingJUMARING.

Selain mempraktekkan materi - materi tersebut, peserta juga diberikan latihan mountaineering, diantaranya latihan panjat, rappeling ( komando heli atau rappeling trap ). Dengan adanya latihan tersebut diharapkan peserta sudah tidak kaku lagi dalam melakukan kegiatan - kegiatan tersebut.

Latihan dan praktek tersebut berakhir keesokan harinya, dan mudah - mudahan kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi peserta khususnya maupun anggota Cakrawala pada umumnya.

0 komentar:

Posting Komentar